Duh, Penebaran Benih Ikan Sering Keliru

kolam ikan

kolam penebaran benih ikan

KEBUMEN (KRjogja.com) Kekeliruan dalam pemilihan jenis ikan sering terjadi dalam berbagai kegiatan penebaran benih ikan di sejumlah perairan di Kebumen seperti waduk, bendung dan sungai. Kekeliruan tersebut adalah dipilihnya jenis-jenis ikan bersifat predator atau pemangsa ikan lain.

“Kekeliruan itu merugikan, yaitu terganggunya kelestarian populasi ikan di perairan tersebut, karena ikan predator bila sudah dewasa akan memangsa ikan jenis lain. Sebaiknya masyarakat yang melakukan kegiatan penebaran benih ikan mau belajar tentang hal ini dan tak asal pilih ikan,” jelas Kabid Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Kebumen, Drs Muhammad Ashari.

Ikan predator menurut Muhammad Ashari adalah ikan yang sulit berdampingan dengan damai dengan jenis ikan lain. Sifatnya agresif menyerang ikan jenis lain yang biasanya berakhir dengan dimangsanya ikan jenis lain tersebut.

“Contoh jenis ikan predator air tawar adalah ikan gabus dan bawal putih air tawar. Bila kita berbudidaya ikan predator sebaiknya monokultur atau tak dicampurkan dengan ikan jenis lain,” jelas Ashari.

Menurut Poniyo, salah satu nelayan jaring gulung pasang sungai ini, ribuan ekor benih ikan bawal putih air tawar pada November 2014 lalu ditebarkan di Sungai Jembangan. Efek penebarannya akan terjadi bila ikan sudah dewasa akan memangsa ikan jenis lain yang badannya lebih kecil. (Dwi)

Untuk informasi pemesanan benih atau bibit dengan harga murah, silahkan hubungi kontak kamiĀ  atau datang langsung ke lokasi pembibitan Jl Palagan Tentara Pelajar KM 12 RT 03/ RW 22 Donoharjo Ngaglik Sleman 55581. Induk dan benih berkualitas yang kami jual dan kirim akan sampai ke tujuan di tempat anda.

KONTAK BUDI FISH FARM

TLP : 085228860499 / 085799026760

WA : 087832499416

PIN BB : 7EBDF5FC

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply